Ada beberapa hal mengapa pendidikan perlu dimulai sedini mungkin,
yaitu:
a.
Usia dini merupakan masa emas perkembangan (golden
age).
b.
Perkembangan kecerdasan anak terjadi pada
usia dini sangat pesat.
c.
Perkembangan kecerdasan memerlukan stimulasi
dari lingkungan.
d.
Kurangnya stimulasi lingkungan menyebabkan
perkembangan anak tidak optimal.
e.
Pendidikan merupakan lingkungan buatan yang
dirancang secara sadar dan terencana dalam rangka mengembangkan potensi anak.
Metode “Beyond
Center and Circle Time” sangat
dibutuhkan bagi anak usia dini adalah :
1.
Metode ini
ditujukan untuk merangsang seluruh aspek kecerdasan anak.
2.
Agar kecerdasannya
dapat berkembang secara optimal, maka otak anak perlu dirangsang untuk
terus berfikir secara aktif dgn menggali
pengalamannya sendiri (bukan sekedar mencontoh atau menghafal).
3.
Metode ini
memandang bermain sbg wahana yang paling tepat dan satu-satunya wahana
pembelajaran anak, karena disamping menyenangkan, bermain dalam setting
pendidikan dapat menjadi wahana untuk berfikir aktif, kreatif.
Maksud metode “Beyond Center and
Circle Time” dikembangkan adalah :
1.
Suatu metode atau
pendekatan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.
2.
Dikembangkan
berdasarkan hasil kajian teoritik dan pengalaman empirik.
3.
Merupakan
pengembangan dari metode Montessori, HighScope, dan Reggio Emilio.
4.
Dikembangkan oleh Creative
Center for Childhood Research and Training (CCCRT) Florida, USA.
5.
Dilaksanakan di Creative
Pre School Florida, USA selama lebih dari 25 tahun, baik utk anak normal
maupun utk anak dg kebutuhan khusus.
Ciri-ciri dari Metode “Beyond Center
and Circle Time” adalah :
Pembelajarannya berpusat pada anak;
a.
Menempatkan setting
lingkungan main sbg pijakan awal yang penting;
b.
Memberikan dukungan
penuh kpd setiap anak utk aktif, kreatif, dan berani mengambil keputusan
sendiri;
c.
Peran guru sbg
fasilitator, motivator, dan evaluator;
d.
Kegiatan anak
berpusat di sentra-sentra main yang berfungsi sbg pusat minat;
e.
Memiliki standar
operasional prosedur yang baku;
f.
Pemberian pijakan
sebelum dan setelah anak main dilakukan dalam posisi duduk melingkar.
Contoh 1: Jadwal Kegiatan Harian (untuk
Kelompok Anak Usia 2-6 Tahun)
Waktu
|
K e g i a t a n
|
07.00
|
Kedatangan Guru,
penyiapan Sentra Kegiatan (pijakan lingkungan)
|
07.30
|
Penyambutan anak, bermain bebas, minum
|
08.00
|
Waktu di lingkaran I: (pijakan sebelum main: berceritera, mendiskusikan
gagasan main, menyepakati aturan main, mengatur teman main)
|
08.30
|
Kegiatan Bermain di Sentra: (pijakan saat anak bermain: memberi waktu
cukup untuk bermain, memberi penguatan prilaku positif, memperbaiki
komunikasi, meningkatkan kemampuan hubungan sosial, evaluasi kemajuan anak,
waktu minum).
|
10.00
|
Waktu di lingkaran II: (pijakan setelah main: meminta masing-masing
anak untuk mengingat/menceritakan kembali pengalaman main)
|
10.30
|
Bersih-bersih,
cuci tangan
|
10.40
|
Makan bekal
bersama
|
11.00
|
Kegiatan penutup (mengingat kembali kegiatan hari ini, bernyanyi,
bercerita, pesan-pesan, berdoa)
|
11.30
|
Anak-anak Pulang
|
11.40
|
Guru melengkapi catanan/laporan kegiatan harian
|
12.00
|
Guru diskusi: evaluasi kegiatan hari ini & rencana kegiatan hari
berikutnya
|
13.00
|
Guru Pulang
|
Contoh 2: Jadwal Kegiatan Harian (untuk
Kelompok Anak Usia 2-6 Tahun)
Waktu
|
K e g i a t a n
|
07.00
|
Kedatangan Guru,
penyiapan Sentra Kegiatan (pijakan lingkungan)
|
07.30
|
Penyambutan anak, bermain bebas, minum
|
08.00
|
Waktu di lingkaran I: (pijakan sebelum main: berceritera, mendiskusikan
gagasan main, menyepakati aturan main, mengatur teman main)
|
08.30
|
Kegiatan Bermain di Sentra: (pijakan saat anak bermain: memberi waktu
cukup untuk bermain, memberi penguatan prilaku positif, memperbaiki
komunikasi, meningkatkan kemampuan hubungan sosial, evaluasi kemajuan anak,
waktu minum).
|
09.30
|
Bersih-bersih, cuci tangan
|
09.40
|
Makan bekal
bersama
|
10.00
|
Waktu di lingkaran II sekaligus kegiatan penutup: (pijakan setelah
main: meminta masing-masing anak untuk mengingat/menceritakan kembali
pengalaman main, bernyanyi, pesan-pesan, berdoa)
|
11.00
|
Anak-anak Pulang
|
11.10
|
Guru merapikan tempat dan melengkapi catanan kegiatan harian
|
11.30
|
Guru diskusi: evaluasi kegiatan hari ini & rencana kegiatan hari
berikutnya
|
12.00
|
Guru Pulang
|
Komentar
Posting Komentar